Wednesday, 14 February 2018

Tips Bahagia adalah Travelling

Hasil survey, 25 persen anak muda sengaja membuat diri mereka tersesat.. Dalam dunia travelling, tidak ada kata tersesat, krn pd dasarnya tersesat adalah berada di tempat yg belum pernah dilalui sebelumnya.
Dan ini merupakan pengalaman baru dan yg tak terduga, terlepas itu pengalaman baik atau buruk.
Semacam tantangan menguji adrenalin, perasaan campur aduk, gelisah, tertantang, menikmati tp harap2 cemas.
Hasil riset Four Cirasa Hotels, sebanyak 52 persen pengguna sosmed nyatakan bahwa foto2 teman virtual yg diunggah menginspitasi mereka utk travelling

Hasil Penelitian Thomas Gilovich "Penggemar Travelling Lebih Bahagia"
Menurut Thomas Gilovich, seorang professor psikologi di Cornell University menyatakan musuh terbesar dari Kebahagiaan adalah adaptasi karena lama kelamaan orang akan beradaptasi dengan benda2 yg dibeli dan akan menghabiskan uang utk selalu meng-upgrade gadget, mobil, dan benda2 fisik lain yg selalu nampak menggoda.
Thomas menyarankan akan lebih baik menghabiskan utk hal2 spt menonton konser musik penyanyi favorit, belajar ketrampilan atau Travelling. Pengalaman2 yg membekas di hati dan diri sendiri akan menimbulkan kebahagiaan yg bisa bertahan lebih lama.
Menikmati perjalanan adalah Kunci.
Seiring dengan waktu, kepuasan dgn barang2 yg telah dibeli akan turun, sedangkan kepuasan & kebahagiaan pd pengalaman2 yg mereka dapat dari travelling tetap bertahan dan cenderung naik.
Banyak orang membeli barang2 sbg simbol identitas. Pdhal sebenarnya barang2 tsb sebenarnya tetap bagian terpisah dgn diri mereka.
Hal tsb berbeda dengan pengalaman2 yg didapat saat seseorang melakukan perjalanan.
Pengalaman itu telah menyatu dalam diri, menjadi satu kesatuan. Ini yg menyebabkan kebahagiaan -saat maupun setelah travelling - bertahan lama.
Rasa iri yg muncul dari benda2 fisik, hampir semuanya menimbulkan perasaan negatif. Berbeda dgn yg didapat dari rasa iri saat membandingkan pengalaman perjalanan sendiri dgn pengalaman perjalanan orang lain.
Seorang pejalan yg tidur di tenda di tengah hutan tak akan iri pd pejalan lain yg sdg bersantai berenang di roof top hotel berlantai 100. Ini adalah pilihan masing2 utk mendapatkan pengalaman berbeda.
Cara mendapat pengalaman luar biasa adalah bukan tentang sejauh apa destinasi seseorang, tp tentang bagaimana seseorang itu menikmati perjalanan. Demikian


No comments:

Post a Comment