Monday, 16 March 2009

Mari Selamatkan Lingkungan Hidup

Munzir Baraqah

Ketua Umum LSM WAKIL


Berangkat dari keprihatinan karena perubahan iklim, penggundulan hutan, meluasnya daerah gurun, kelangkaan air dan berbagai tekanan akibat ulah manusia yang beresiko menyebabkan ambruknya lingkungan, WAKIL dibentuk sebagai langkah pemberdayaan aktivis lingkungan pencinta lingkungan hidup.




Wahana Konservasi Iklim atau biasa disebut WAKIL adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non Government Organization (NGO) yang berpusat di Medan, Sumut. Lembaga ini didirikan pada tahun 2007 atas rekomendasi dan dukungan dari masyarakat Internasional dan merupakan lembaga yang peduli pada masalah pendidikan lingkungan hidup, pengembangan masyarakat dan pelestarian alam.


Pendirian lembaga ini dilakukan sebagai respon positif terhadap munculnya berbagai permasalahan lingkungan hidup dan konservasi alam untuk menanggulangi perubahan di tanah, bumi, samudera, atmosfir dan biosfer khususnya terhadap ancaman pencemaran serta punahnya sistem pendukung kehidupan yang penting bagi seluruh makhluk di dunia untuk menjamin kehidupan generasi selanjutnya.


Mahatma Gandhi pernah berkata dunia ini mampu menampung kebutuhan manusia, namun dunia ini tak akan sanggup memenuhi keinginan atau nafsu manusia, inilah awal mula penyebab pemanasan global, penyebab gelombang panas, kekeringan, longsor, hujan badai, badai salju, badai tropis, kenaikan permukaan air laut dan kebakaran, yang akan lebih sering, lebih luas dan lebih gawat terjadi sebagai dampak dari perubahan lingkungan akibat aktivitas manusia itu sendiri.

Hukum sebab akibat kadang lupa dicermati manusia. Bila alam kini tak bersahabat, seharusnya kita berpikir adakah hal ini berkaitan dengan keserakahan dan kecerobohan yg selama ini menguasai kita. Reaksi alam menebar nestapa. Gempa, longsor, kebakaran hutan, sunami, lumpur lapindo, banjir dll. Lebih baik kejadian ini segera menyadarkan kita bahwa sudah saatnya kita harus lebih peduli dan bijaksana pada alam.


Masalah perubahan iklim sudah bukan isu untuk masa depan, tapi masalah hari ini. Orang beriman itu dicirikan oleh perhatian dan tingkah lakunya kepada manusia dan alam Pecinta lingkungan tidak dapat berpangku tangan melihat kenyataan bahwa tanah air sudah tereksploitasi secara berlebihan. WAKIL mencoba mensosialisasikan ke seluruh dunia untuk bersama-sama menyelamatkan bumi, melalui berbagai aksi bertajuk “Save our Climate for Green Vision”. Sasaran utama kami adalah menciptakan iklim yang sehat.

Indonesia merupakan bagian dari alam, menjaganya berarti menjaga penopang kehidupan manusia.

Allah telah memperingati dalam Firman Nya :

“ Telah banyak kerusakan di darat dan dilaut akibat perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar)”. (QS: 30:41)


Akhirnya, WAKIL-Internasional menyatakan tidak akan berhenti untuk melakukan sosialisasi menyangkut permasalahan Iklim dunia kepada masyarakat, karena semua ini memerlukan upaya yang sistematis global serta fokus dalam menjaga keberlangsungan bumi sebagai satu kesatuan ekosistem.


Juga agar kita tidak di cap oleh anak bangsa sebagai generasi perusak atau generasi pengkhianat terhadap generasi penerus, mari kita bertekad mewarisi negeri hijau ini kepada anak cucu kita. karena bahaya ini akan menyengsarakan generasi kita yang akan mewarisi masa depan. Mari selamatkan bumi, mari, bersama WAKIL-Internasional bersatu jauhkan kepentingan sesaat dan kesenangan pribadi, mari selamatkan lingkungan. Mari…

No comments:

Post a Comment